16 Oktober 2021

Nvdemscaucus Kumpulan Resep Makanan Tradisional dan Modern

Kumpulan resep makanan terbaru dan terlengkap dari tradisional sampai modern di Indonesia serta manca negara

Bika Ambon Khas Medan Bersarang yang Mudah Dibuat

Bika Ambon Khas Medan Bersarang yang Mudah Dibuat

Bika Ambon Khas Medan Bersarang yang Mudah Dibuat

Nvdemscaucus – Saat berkunjug ke Medan tentunya anda tak boleh ketinggal beli oleh-oleh Bika Ambon. Tidak perlu anda ragukan lagi ini adalah salah satu kue paling lembut dalam hal persiapan dan rasanya. Bahan pembuatan Bika Ambon adalah tapioka atau sagu, tepung terigu, gula pasir, santan dan telur serta ragi roti untuk fermentasi. Bika Ambon menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Medan.

Sejarah Bika Ambon

Asal usul nya tidak jelas. Meski namanya kue memberikan kesan bahwa kue tersebut berasal dari Ambon, ibu kota provinsi Maluku Indonesia bagian timur, kue tersebut sebenarnya merupakan makanan etnis yang cukup terkenal masyarakat Medan, Sumatera Utara. Menurut cerita setempat, kue tersebut tidak sengaja seorang ibu Tionghoa-Indonesia membuatnya yang tinggal pada Jalan Ambon, Medan [6]. Namun, memang benar perusahaan berdiri pada Medan oleh pengusaha Tionghoa-Indonesia, seperti Ati atau Achai. Berdasarkan wawancara kami dengan warga Medan, mereka berspekulasi bahwa kue tersebut dibawa oleh pedagang Ambon ke Medan, dan menjadi sangat populer. Namun, jika demikian halnya, masih menjadi misteri mengapa kue ini sebelumnya tidak terkenal oleh orang Ambon hingga menjadi makanan etnik yang populer Medan.

Mungkin spekulasi lain yang meyakinkan tentang asal usulĀ  dikemukakan oleh Christopher Tan, yang mengemukakan bahwa kata “Bika” adalah kata pinjaman Belanda [7]. Tekstur bagian dalam terlihat seperti sarang lebah dan sarang lebah terdapat di dalam sarang lebah. Kata ‘sarang lebah’ dalam bahasa Belanda adalah ‘bijenkor’ (berucapkan ‘bayenkorf’) dan ia berspekulasi bahwa itu adalah asal kata ‘bika’ atau ‘bingka’. Oleh karena itu, pemukiman kemungkinan terpengaruhi oleh Belanda selama pendudukan mereka ke Indonesia pada tahun 1800-an. Padahal, Belanda terkenal dengan sirup wafel (sirup waffle) yang pertama kali dibuat pada abad kedelapan belas di Gouda, Belanda [8]. Wafel sirup juga terlihat seperti tekstur sarang lebah.

Bahan Unik Membuat Bika Ambon

Awalnya, tercampur dengan anggur atau tuak, minuman tradisional dari Sumatera Utara, yang membuat kuenya enak, lengket dan manis. Biasanya terpanggang dalam bentuk tembaga atau kuningan. Anda bisa memanggang nya dalam cetakan dan menyajikan kue dalam berbagai ukuran atau porsi. Terkadang lebih baik memanggang Bika Ambon dalam porsi yang lebih kecil dan menyajikannya ke penduduk setempat, karena biasanya memberikan tekstur yang lebih lembut dan pulen. Untuk tekstur yang lengket dan kenyal, membuat Bika Ambon secara tradisional dengan tepung sagu. Selain tepung sagu, tepung tapioka dapat bergunasebagai bahan pengganti.

Meskipun Bika Ambon tersedia pada kota besar Indonesia saat ini, wisatawan lokal tidak akan melewatkan kesempatan untuk membeli sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Medan, mungkin karena rasa otentiknya saat membeli kue kota asalnya. Bika Ambon yang asli tersedia pada Jalan Mojopahit (Gbr. 3). Ada puluhan produsen pada jalan ini. Mereka semua akan mengaku sebagai produsen Bika Ambon asli atau asli. Karena sekitar 87% penduduk Indonesia beragama Islam, sebagian besar produsen nya di kota mencoba menawarkannya sebagai kue halal. Saat ini, produsen di Jalan Mojopahit tidak lagi menggunakan tuak sehingga bisa menyasar pasar muslim.

Baca Juga : Tim sepak bola wanita Afghanistan telah berlindung di Portugal