16 Oktober 2021

Nvdemscaucus Kumpulan Resep Makanan Tradisional dan Modern

Kumpulan resep makanan terbaru dan terlengkap dari tradisional sampai modern di Indonesia serta manca negara

Kue Rangi Si Manis Lezat Asal Betawi Yang Mulai Terlupakan

Kue Rangi Si Manis Lezat Asal Betawi Yang Mulai Terlupakan

Kue Rangi Si Manis Lezat Asal Betawi Yang Mulai Terlupakan

Kue Rangi adalah kue khas Betawi yang legendaris. Kue ini cukup mencolok dengan lumeran gula merah kental diatasnya. Tidak banyak orang yang tahu tentang kue ini, dan kue ini bagi sebagian orang mungkin cukup sulit untuk membedakannya dengan kue pancong atau band.

Beberapa orang juga menyebutnya wafel kelapa orang Jakarta. Ini adalah kue beta asli. Proses memasaknya dengan menggunkan arang tanpa minyak. Setelah menaruhnya ke kerangka besi yang bentuknya seperti pancon atau rangka band loss. Kue ini terbuat dari campuran kelapa besi kering dan kelapa sawit. Adonan adonan ini merupakan bahan yang kering. Tidak perlu menambahkan air ke adonan dan bisa mendapatkan rasa gurih hanya dengan sedikit garam. Kelapa tatap muka yang hancurkan mengeluarkan santan dan minyak yang sedikit lebih kental untuk melelehkan pohon palem dan merekatkan semua bagian menjadi satu.

Arang panas yang menyala adonan bukan hanya adonannya. Anda juga bisa merasakan keunikan rasa kue sendiri dengan arang ini. Kemudian tutup kue selama 1 menit. Kue tidak perlu dibalik untuk memasak permukaan atas. Ada gula merah terkonsentrasi di pati di atas untuk rasa manis.

Baca Juga : Gorengan Martabak Sagu, Kuliner Unik dan Lezat Khas Papua

Cita Rasa Kue Rangi

Bagaimanakah rasanya? Bayangkan makan sagon. Namun, dalam versi yang lebih halus, olesan gula kuning yang manis membuatnya renyah dan renyah. Kue rangi umumnya tipis, tetapi berjajar di bawahnya dengan ukuran berbentuk kue bergelombang. Membungkusnya hanya dengan kertas nasi terpotong menjadi persegi panjang seukuran kue beras dan menjualnya tak sampai Rp5000,-.

Rata rata penjual hanya bisa menjual setidaknya 3kg sehari. Tidak dapat tersangkal bahwa bahan yang berguna untuk membuat kue bolu ini mudah rusak dan tidak dapat disimpan hingga keesokan harinya. Kue ini paling enak disantap hangat-hangat. Jika tekstur kue masih renyah dan gula kuning masih “meleleh”. Beda ceritanya kalau teksturnya agak kasar di cuaca dingin dan gulanya jadi lebih “lengket”. Secangkir teh segar panas atau kopi pahit panas sudah melengkapi rasa manisnya. “Baru-baru ini, semakin sedikit orang yang menjual. Kakek saya, kakek saya yang menjualnya terlebih dahulu, jadi saya juga menjualnya.” “Di daerah ini, semua keluarga kami menjualnya.”