6 Mei 2021

Nvdemscaucus Kumpulan Resep Makanan Tradisional dan Modern

Kumpulan resep makanan terbaru dan terlengkap dari tradisional sampai modern di Indonesia serta manca negara

7 Cara Jadikan Wajah Bersih & Glowing yang Sehat

Selama pandemi ini, masker menjadi salah satu barang esensial yang wajib dipakai saat bepergian keluar rumah. Namun meski terbukti bisa melindungi kita dari penyebaran dan penularan virus berbahaya, pemakaian masker yang relatif lama juga bisa menimbulkan beragam keluhan pada kulit wajah.

Hal ini diungkapkan oleh ahli estetika asal Amerika Serikat, Rafaelle Longpre. Saat diwawancarai Huffington Post, Longpre mengungkapkan beberapa masalah kulit yang biasanya muncul karena penggunaan masker; seperti munculnya jerawat, kemerahan, iritasi, dan kerusakan kulit akibat gesekan.

“Penggunaan masker yang terlalu lama, bisa membuat area di sekitar mulut dan hidung menjadi lebih lembap. Akibatnya, masalah seperti jerawat, iritasi, dan kulit kemerahan pun bisa terjadi,” kata Longpre.

Namun Ladies jangan khawatir, sebetulnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau meminimalisir timbulnya berbagai masalah kulit akibat penggunaan masker. Lantas, cara-cara apa sajakah itu? Berikut kumparanWOMAN rangkum tujuh tips agar wajah tetap bersih dan glowing yang sehat meski sering memakai masker.

1. Rajin membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai masker

Jika kamu menginginkan kulit wajah bersih dan glowing yang sehat, maka kebersihannya juga harus dijaga. Karena itu, jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah setiap hari, terutama sebelum dan sesudah memakai masker. Hal ini bertujuan untuk membuang sisa kotoran, keringat, polusi dan zat lainnya yang menempel di kulit wajah.

Saat pandemi ini, sebaiknya bersihkan wajah menggunakan produk pembersih yang mengandung bacterial protection untuk melawan kuman. Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah POND’S Antibacterial Facial Foam. Produk pembersih wajah ini diklaim bisa mengangkat seluruh kotoran yang ada di wajah secara menyeluruh, mampu melawan 99% kuman, dan memperkuat skin barrier.

 

Menariknya lagi, facial foam ini juga mengandung microfoam yang diformulasikan khusus dengan TT-Protect Technology, bahan anti bakteri mutakhir yang telah teruji oleh dermatologis. Terakhir, POND’S Antibacterial Facial Foam juga lembut di kulit dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Dengan demikian, kulit wajah kamu pun akan lebih bersih dan bebas kuman, serta tampak lebih sehat dan juga glowing.

 

Namun Ladies, jika kamu sedang berada di luar rumah atau sedang dalam perjalanan dan kesulitan untuk menemukan produk pembersih wajah, maka tak ada salahnya menggunakan produk face wipes. Ya, face wipes sendiri merupakan salah satu alternatif produk yang dinilai praktis untuk membersihkan kotoran, minyak, debu, dan sisa makeup pada wajah. Salah satu produk face wipes yang bisa kamu lirik adalah POND’S Antibacterial Face Wipes. Produk ini kabarnya bebas alkohol, dan mengandung anti-bacterial agent sehingga bisa melawan 99% kuman. Terakhir, produk POND’S Antibacterial Face Wipes juga mengandung aloe vera extract sehingga bisa menyejukkan dan melembapkan kulit wajah.

2. Menggunakan moisturizer

Moisturizer atau pelembap merupakan salah satu produk skin care yang paling penting dan wajib kamu aplikasikan sebelum menggunakan masker. Selain bisa membuat kulit wajah tetap terhidrasi, pelembap juga bisa melindungi kulit dari kekeringan, serta melindungi kulit dari gesekan yang disebabkan oleh penggunaan masker.

Jagalah kelembapan kulit wajah kamu dengan POND’S Protecting Day Cream Sunscreen Skin Protect SPF 30. Pelembap yang mengandung Smart Defence Complex ini memiliki antioksidan lebih tinggi, bisa mempercepat regenerasi sel kulit, dan juga memperkuat lapisan kulit. Kandungan niacinamide di dalam POND’S Protecting Day Cream Sunscreen Skin Protect SPF 30 dapat melembapkan kulit wajah, mengatasi peradangan kulit, mengatasi noda hitam bekas jerawat, dan mengendalikan produksi minyak.

Selain itu, POND’S Protecting Day Cream juga mengandung SPF30 PA+++ yang bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap bahaya sinar UV.

3. Segarkan wajah dengan face mist

Ladies, tahukah kamu kalau kuman bisa berkembang di dalam masker jika dipakai terlalu lama? Ya, seiring berjalannya waktu, udara di dalam masker menjadi lebih lembap, sehingga menyebabkan kuman, keringat, dan minyak menumpuk di wajah. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kulit wajah; seperti jerawat, pori-pori tersumbat, hingga iritasi.
 
Nah, untuk mengatasi hal itu sebaiknya gunakanlah produk face mist yang mengandung anti-bakteri. Selain bisa menyegarkan wajah, produk tersebut juga bisa melindungi kulit dari paparan kuman dan bakteri.

Salah satu produk face mist yang bisa kamu pilih adalah POND’S Antibacterial Refreshing Face Mist Spray with Natural Rose Extract. Produk ini diformulasikan khusus dengan Skin Defence Technology, bahan anti bakteri mutakhir yang diklaim bisa melawan kuman namun tetap lembut di kulit. Selain itu, produk ini juga bebas alkohol dan mengandung 100% organic rose & 5 vitamin, sehingga bisa menyegarkan & memberikan sensasi dingin di wajah, terutama setelah memakai masker.

4. Rajin mencuci tangan

Sadar atau tidak, kita pasti memiliki kecenderungan untuk menyentuh wajah berkali-kali dalam sehari. Hal ini bahkan dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan University of South Wales, pada 2015 silam. Di mana studi itu menyimpulkan bahwa rata-rata subjek penelitian menyentuh wajah mereka sebanyak 23 kali dalam satu jam.
 
Menurut tim peneliti, kebiasaan itu ternyata bisa meningkatkan risiko seseorang terpapar kuman, bakteri, hingga virus yang bisa membahayakan infeksi pernapasan. Karena itulah, tim peneliti pun menyarankan kita untuk selalu mempraktikkan kebersihan tangan (hand hygiene) secara lebih baik. Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun anti-bakteri, ya Ladies!

5. Pilih masker dengan bahan yang tepat

Gunakanlah masker yang memiliki ukuran pas di wajah. Sebab, masker yang terlalu sempit dan memiliki tali yang kuat bisa menyebabkan kulit iritasi. Sementara, masker yang terlalu besar juga tidak bisa melindungi mulut dan hidung dengan sempurna.
 
Selain itu, pilihlah masker dengan bahan yang sesuai dengan kulit kamu. Umumnya, masker berbahan katun lebih nyaman karena memiliki daya serap yang tinggi sehingga bisa meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit.

6. Rutin eksfoliasi

Salah satu kunci agar kulit wajah tetap sehat dan glowing meski kamu sering memakai masker adalah rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan proses yang bisa mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga bisa mencegah terjadinya penumpukan minyak atau sumbatan di pori-pori. Lakukanlah eksfoliasi wajah dua atau tiga kali dalam sepekan. Hindari juga eksfoliasi yang terlalu sering karena bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan inflamasi.

7. Perawatan khusus bila membutuhkan

Jika masalah pada kulit wajah semakin parah, maka segeralah berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau dokter kulit terdekat. Di era pandemi ini, konsultasi dengan ahli dan dokter kulit juga bisa dilakukan secara daring untuk meminimalisir kontak. Konsultasi dengan ahli dan dokter ini bisa memberikan saran-saran yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit kamu.